Belajar Saham Rotating Header Image

Belajar Saham dari Nol

Belajar Saham dari Nol – Mungkin banyak pebisnis saham pemula yang bertanya bagaimanakah caranya memulai bisnis trading saham? Biasanya trader pemula akan mencari semua informasi yang berhubungan dengan saham di media online atau juga media yang lainnya, namun sangat disayangkan jika trader mendapatkan suatu informasi yang justri menyesatkan dan menjanjikan keuntuungan yang luar biasa namun tanpa di bekali dengan pemahaman dan pengetahuan awal.

Belajar Saham dari Nol

Belajar sajam dari nol harus mempunyai alasan mengapa Anda membeli suatu saham dan hal ini harus spesifik mungkin. Jadi, sebaiknya jangan menjawab hanya karena Anda ingin dapat untuk. Semua ang membeli saham pastinya mengharapkan untuk. Namun yang harus Anda jawab adalah kenapa saham tadi berpotensi naik dan juga bisa memberikan suatu keuntungan untuk Anda. Apakah saham tersebut murah atau karena perusahaan yang sedang berekspansi, atau dikarenakan produknya yang laku. Atau bisa juga berdasarkan analisa teknikal Moving Average atau Sthochastic atau MACD yang memberikan suatu sinyal bahwa saham biasanya cenderung akan mengalami peningkatan.

Belajar Saham dari Nol

Belajar Saham dari Nol

Memang, Anda akan sangat sulit menjawab mengapa dalam suatu saham harus dibeli, terlebih jika anda adalah seorang pemula. Belajar saham dari nol yang harus dilakukan adalah bagaimana caranya menganalisa saham, baik dari segi fundamental, teknikal, dan juga karena analisa analisa yang lain. Dan sangat diperlukan pengalaman bertahun-tahun dalam bermain saham, sebelum kemudian Anda bisa menemukan suatu alasan yang tepat mengapa Anda harus membeli sajam itu.

Oleh sebab itulah, belajar sajam dari nol untuk pemula sebaiknya dimulai dengan mencoba saran dari orang lain yang pengalamannya lebih lama dibandingkan Anda. Saran ini bisa Anda dapatkan dari membaca, lewat media atau juga bisa langsung dengan seseorang, dari broker, teman, dan juga saudara.

Jika Anda menemukan alasan bahwa Anda membeli UNCR karena alasannya adalah menurut analis hargany a murah dan juga fundamentalnya yang baik. hal ini dianggap wajar dan sah-sah saja. Namun yang patut diperhhatikan adalah bagaimana track record dari sang analis tadi. Apakah saran ini di masa lalu cukup akurat? Dan jika Anda belum tahu betul mengenai track recordnya, maka belilah saham yang disarankan oleh analis dengan jumlah kecil. Dengan seiring berjalannya waktu, cobalah ukur keakuratan analisnya.

Selain itu, belajar saham dari nol juga bisa mengikuti saran buku yang anda baca. Misalnya adalah Peter Lynch di bukunya One Up on Wall Street yang menyarankan untuk membeli saham yang labanya terus mengalami kenaikan. Karena misalnya laba dari perusahaan A naik terus, maka Anda memutuskan untuk membelinya. Hal ini adalah salah satu alasan yang cukup baik dan bisa diterima.

Jika ada pendapat dan saran lain dari teman atau rekan Anda untuk membli saham UNTR atau United Tractor maka sebaiknya jangan langsung beli. Tanyakanlah alasan mengapa. Dan jika teman Anda tidak bisa menjawab dengan jawaban yang memuaskan maka sebaiknya jangan beli.

Belajar saham dari nol untuk pemula yang terpenting adalah Anda harus menjawab Mengapa Anda membeli suatu saham. Dan tidak menjadi masalah apakah jawaban yang diterima itu adalah hasil pemikiran dari Anda sendiri atau juga dari hasil pemikiran orang lain. Namun sebaiknya  jangan sekali-kali membeli saham tanpa ada suatu alasan karena jawaban pertanyaan Apa dan juga mengapa ini adalah suatu faktor yang paling utama untuk menjadi penentu apakah Anda akan untung atau justru buntung.

Mungkin Anda masih bingung dan masih tidak tahu harus mulai darimana, disarankan untuk memilih 5-10 saham yang menarik perhatian Anda. Saam-saham ini merupakan Apa yang akan Anda beli. Sebaiknya hindarilah saham-saham kecil dengan fluktuasi yang harganya besar. dan sebaiknya mulailah dengan saham yang berkapitalisasi besar yang termasuk ke dalam kategori blue chip.

Alasannya adalah karena kemungkinan Anda rugi besar di saham blue chip yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan saham kecil. Dan belajar saham dari nol yang harus Anda kontrol dengan baik adalah jangan sampao Anda rugi besar sehingga akan mengancam keselamatan dari finansial Anda.

Kemudian jika Anda sudah menetaplan Apa, maka pantaulah saham-saham tadi. Dan kemudian baca berita, pelajari fundamental, setelah itu ikutilah pergerakan dari harga saham tadi. Kemudian, tentukah apakah Anda adalah seorang investor dalam jangka panjang atau hanya sebagai trader jangka pendek. Dan setelah itu tentukanlah analisa saham sebagaimana yang lebih tepat dan lebih cocok untuk Anda. Apakah analisa fundamental atau analisa teknikal dan analisa cara lainnya.

Disaat Anda membeli salah satu dari saham Apa dan catatlah alasannya mengapa. Jika hasilnya adalah untung, maka lanjutkan. Namun jika buntung, cobalah memperbaiki alasan tadi atau Anda bisa mencari alasan yang baru. Pergerakan saham terdapat poa. Carilah pola gerak dari saham yang bisa memberikan keuntungan untuk Anda.

Lewat proses tersebut, maka perlahan Anda akan menemukan alasan Mengapa yang tepat dari suatu saham layak untuk dibeli. Dan suatu saat, seiring dengan pengalaman yang cukup, maka Anda tidak usah lagi berpaku dari saran orang lain. Anda akan menemukan dan menformulasikan jawaban sendiri mengapa Anda patut membeli saham tersebut.

Belajar Saham dari Nol

Leave a Reply